SERIUS TANGAPI NEW NORMAL











Link : https://youtu.be/95BZYNhrIMo





Setelah PSBB jilid 3 selesai dilaksanakan, Surabaya mulai menerapkan massa transisi new normal. New normal adalah  kembalinya aktivitas normal namun berdampingan dengan covid-19, tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ada. Peta penyebaran covid-19 kota Surabaya dilebeli warna merah tua yang berarti tingkat penyebaran dan jumlah pasien kian rawan. Angka penurunan pasien terkonfirm covid-19 juga tidak memperlihatkan penurunan yang signifikan sehingga menjadikan Surabaya sebagai episentrum baru bahkan Surabaya adalah 62% penyumbang kasus corona yang mejadi sorotan nasional karena lonjakannya yang begitu tajam di Indonesia, hingga membuat penerapan konsep new normal ini memunculkan banyak pendapat dari masyarakat dari yang setuju dan tidak setuju.
Virus covid-19 ini membawa dampak yang sangat besar baik dari segi ekonomi, pekerjaan bahkan pendidikan. Dampak yang bermunculan inilah yang menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk segera menerapkan new normal. Kesadaran dari masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan juga menjadi tolak ukur untuk penerapan new normal, itu dibuktikan dengan semakin bertambahnya kampung tangguh “ Warga sudah mulai melakukan buka tutup gang yang biasanya dilewati banyak orang, menyediakan tempat cuci tangan di setiap rumah, menyemprotkan cairan disinfektan di masing-masing desa mereka dan mengikuti protokol kesehatan” ucap Devanda mahasiswi UNESA. Kampung tangguh dinilai sangat efektif untuk menekan angka penyebaran covid-19.
Update terbaru di Indonesia terdapat 7.215.514 kasus, 7,19 juta orang yang terkonfirmasi positif covid-19, pasien meninggal sebanyak 409.073 dan 3.552.209 orang sembuh. Dan yang meperihatikan adalah terdapat 1.043 kasus baru dalam 24 jam sehingga menempatkan Indonesia sebagai urutan ke-32 dengan jumlah pasien terbanyak di dunia. Bahkan dilihat dari update terbaru di Jawa Timur terdapat 25.476 ODP, 7.261 PDP, 5.835 positif di kota Surabaya sendiri terdapat 2.918, 766 terkonfirmasi sembuh dan 282 dinyatakan meninggal. Di masssa transisi new normal dengan semakin tingginya kesadaran mayarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam memerangi COVID-19



Helen Novita A.T
Jurnalistik IV-A
1813211007

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KURANG PAHAMNYA TATANAN NEW NORMAL LIFE

DAMPAK PAMDEMI, PEMERINTAH MENERAPKAN TATANAN NEW NORMAL LIFE

Berkurangnya jam kerja seorang buruh pabrik